• Saturday 27th of April 2024 04:42:12 PM
Cover Berita

PELATIHAN GURU BK SMP SE-KOTA PALANGKA RAYA DALAM MERANCANG ASESMEN DIAGNOSTIK NON-KOGNITIF (ADNK) DAN RPL IKM

Pada tanggal 16, 17 dan 19 Mei kemarin, Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas Palangka Raya berkolaborasi bersama MGBK SMP Kota Palangka Raya dalam mengadakan kegiatan pelatihan Guru BK SMP dengan tema “Peningkatan Kompetensi Profesional Guru BK Dalam Merancang dan Mengembangkan RPL IKM Berdiferensiasi” yang di selenggarakan di SMP Negeri 11 Palangka Raya, di Jl. Mahir Mahar Tjilik Riwut KM. 8 Kota Palangka Raya. Diadakannya pelatihan ini di karenakan saat ini Guru BK di haruskan menggunakan RPL IKM berdiferensiasi. Selain pengaplikasian RPL IKM, pelatihan ini juga melatih Guru BK dalam merancang Asesmen Diagnostik Non-Kognitif (ADNK). Perancangan ADNK ini memakai fiitur – fitur yang ada di dalam aplikasi Google, seperti Google Spreadsheet, Drive, dan Google Document

Kegiatan pelatihan ini menghadirkan dua narasumber luar biasa, yaitu Bpk. Dona Maslih Fistasona Nuddin, S.Pd, Gr,. yaitu salah satu guru BK SMAN 1 Hanau, sekaligus Trainer Skills Asesment Google For Education dengan materi Perancangan Asesmen Diagnostik Non-Kognitif (ADNK), dan narasumber kedua adalah Ibu Dr. Fendahapsari Singgih Sendayu, M.Pd,. beliau merupakan Ketua Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas Palangka Raya dengan materi Pengimplementasian Asesmen Diagnostik Non-Kognitif (ADNK) dalam RPL IKM. Selain itu kegiatan ini di hadiri oleh Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Palangka Raya yaitu Bpk. Vico yang sekaligus membuka kegiatan pelatihan Guru BK SMP, dan juga Ketua MGBK Kota Palangka Raya, Bu. Ria Heksarini,S.ST,.

Bapak/Ibu Guru BK terlihat sangat antusias dalam mengikuti kegiatan pelatihan ini. Dalam pelatihan ini Bapak/Ibu Guru BK langsung mempraktikkan apa yang di jelaskan oleh pemateri, sehingga selesai mengikuti kegiatan pelatihan ini Bapak/Ibu Guru BK memiliki sebuah aplikasi asesmen non diagnostic non-kognitif (ADNK) kemudian di implementasikan dalam RPL IKM. Berdasarkan hasil pre-test dan post-test, kegiatan pelatihan ini menyasar tujuan dari pelatihan ini, dimana sebelumnya Bapak/Ibu Guru BK belum mengetahui  apa itu Asesmen Diagnostic Non-Kognitif dan RPL IKM menjadi tahu bahkan bisa mengaplikasikannya. (ERD)