• Thursday 18th of April 2024 06:54:17 PM
Cover Berita

Pelatihan pemanfaatan Teknologi Untuk Guru BK dan Mahasiswa

Pada tanggal 11-12 Agustus 2022 telah dilaksanakan kegiatan sosialiasi oleh Prodi BK FKIP UPR dengan tema pemanfaatan teknologi berbasis aplikasi untuk guru BK dan mahasiswa. Adapun basis aplikasi yang dimaksud meliputi aplikasi canva, classpoint dan website. Kegiatan tersebut dilakukan bertujuan untuk membangun silahturahmi antara guru BK dan mahasiswa serta meningkatkan kompetensi dalam berkinerja khususnya dalam bidang layanan bimbingan dan konseling. Adapun peserta dalam kegiatan ini meliputi perwakilan dari berbagai SMP dan SMA se-kota palangka Raya dan mahasiswa prodi BK FKIP UPR. 

Pelaksanaan di awali dengan sambutan oleh ketua prodi BK FKIP UPR yaitu Romiaty., S.Psi., M.Pd., Psikolog yang dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh para narasumber yaitu (1) Dr. Fendahasapsari S. Sendayu., M.Pd., (2) Esti Pan PAngesti., M.Psi., Psikolog dan (3) Dony Apriatama., M.Pd. Setelah materi diberikan, ppeserta kegiatan diminta langsung mempraktekkan pemanfaatan teknologi. Kegiatan direspon oleh guru BK dan mahasiswa secara aktif dan antusias.  Diakhir kegiatan, peserta di minta untuk mengisi lembar refleksi untuk mengetahui pemahaman peserta terkait kegiatan yang telah dilaksanakan.

Diharapkan kegiatan tersebut dalam dilaksanakan secara rutin untuk membantu para guru BK untuk dapat menyesuaikan dan memanfatkan perkembangan teknologi yang sangat pesat. Dampak dari pemanfaatan teknologi tersebut dapat membangkitkan minat peserta didik disekolah dan manambah efektifitas serta efisiensi guru dalam bekerja khususnya dalam memberikan layanan bimbingan dan konseling