• Tuesday 28th of May 2024 02:00:29 PM
Cover Berita

PELATIHAN MAHASISWA MENUJU KURIKULUM MERDEKA

Rabu hingga Kamis lalu, tanggal 10 -11 Mei 2023, mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling mengadakan kegiatan pelatihan dengan tema “Pelatihan Dalam Merancang Serta Mengimplementasikan Asesmen Diagnostik Non-Kognitif (ADNK) dan RPL IKM Bagi Mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling”. Kegiatan pelatihan ini di laksanakan di UPT Lab BK FKIP UPR yang terletak di Jl. Damang Salilah No.17 Area Kampus UPR.  Kegiatan ini di ikuti oleh Mahasiswa Universitas Palangka Raya Program Studi Bimbingan dan Konseling Semester VI. Kegiatan ini dilaksanakan untuk melatih mahasiswa dalam merancang Asesmen Diagnostic Non-Kognitif (ADNK) dan mengimplementasikannya dalam RPL IKM. Dengan adanya kegiatan pelatihan ini diharapkan mahasiswa dapat terlatih dalam merancang ADNK kemudian mengembangkannya dan di tuangkan dalam RPL IKM yang nantinya akan di gunakan dalam pelaksanaan layanan BK di sekolah.

Kegiatan pelatihan ini menghadirkan dua narasumber luar biasa, yaitu Bpk. Dona Maslih Fistasona Nuddin, S.Pd, Gr,. yaitu salah satu guru BK SMAN 1 Hanau, sekaligus Trainer Skills Asesment Google For Education dengan materi Perancangan Asesmen Diagnostik Non-Kognitif (ADNK), dan narasumber kedua adalah Ibu Dr. Fendahapsari Singgih Sendayu, M.Pd,. beliau merupakan Ketua Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas Palangka Raya dengan materi Pengimplementasian Asesmen Diagnostik Non-Kognitif (ADNK) dalam RPL IKM. Kegiatan pelatihan ini menekankan mahasiswa untuk terampil merancang ADNK melalui fitur yang sudah di sediakan oleh Google, yaitu Google spreadsheet, Google Drive, Google Document, dan AutoCrat

Mahasiswa terlihat sangat antusias dalam mengikuti kegiatan pelatihan ini. Dalam pelatihan ini mahasiswa langsung mempraktikkan apa yang di jelaskan oleh pemateri, sehingga selesai mengikuti kegiatan pelatihan ini mahasiswa memiliki sebuah aplikasi asesmen non diagnostic non-kognitif (ADNK) kemudian di implementasikan dalam RPL IKM. Berdasarkan hasil pre-test dan post-test, kegiatan pelatihan ini menyasar tujuan dari pelatihan ini, dimana sebelumnya mahasiswa belum mengetahui  apa itu Asesmen Diagnostic Non-Kognitif dan RPL IKM menjadi tahu bahkan bisa mengaplikasikannya. (ERD)